5 Tips Memilih Jasa SEO Yang Kompeten

Saat ini dunia pemasaran di indonesia sudah bukan lagi didominasi oleh pemasaran konvensional melalui iklan media cetak, radio, dan televisi. Namun sudah merambah ke dunia digital seiring makin baiknya jaringan koneksi Internet dan bertambahnya pengguna internet di Indonesia.

Kondisi tersebut juga berimbas dengan meningkatnya pengguna mesin pencari untuk menemukan produk dan jasa yang dibutuhkan. Hal ini memicu para pemilik website untuk berlomba-lomba menempati halaman pertama dari hasil pencarian di mesin pencari. Untuk dapat menempati halaman pertama dari hasil pencarian para pemilik situs harus menerapkan langkah-langkah tertentu guna mengoptimasi situs yang dimilikinya, hal ini juga sering disebut dengan istilah SEO (Search engine optimisation).

Untuk menerapkan SEO sebenarnya adalah hal yang mudah namun dibutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit, karena kondisi inilah akhirnya banyak bermunculan penyedia jasa SEO. Anda dapat menemukannya dengan mudah di Google dengan mengetikan “Jasa SEO” tanpa tanda kutip maka akan muncul banyak penawaran mengenai Jasa SEO. Pertanyaannya adalah bagaimana mimilih jasa SEO yang profesional?

Anda harus jeli dalam memilih jasa SEO karena ini berhubungan dengan masa depan situs anda. Dalam dunia SEO dikenal dengan istilah Whitehat dan Blackhat, nah jika anda sampai menghire jasa SEO yang melakukan praktek-praktek Blackhat bukan tidak mungkin situs anda akan berakhir dengan penalti dari Google alias dikeluarkan dari hasil pencarian Google. Tentunya anda tidak ingin hal ini terjadi bukan?

Berikut ini adalah 5 tips dalam memilih Jasa SEO yang Profesional dan Kompeten.

1. Pastikan Situs Penyedia Jasa Menempati Halaman Pertama di Google

Hal ini sangat penting karena secara logika bagaimana mungkin mereka akan melakukan optimasi terhadap situs kita jika situs mereka sendiri tidak teroptimasi dengan baik di mesin pencari khususnya Google.

Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa situs penyedia jasa ini bukan muncul di halaman satu karena menggunakan iklan. Karena untuk muncul di Halaman pertama Google selain menggunakan SEO juga bisa menggunakan iklan, dan untuk tampil dihalaman pertama Google menggunakan iklan tidak diperlukan optimasi yang rumit lebih cenderung ke instan yang mempengaruhi adalah seberapa besar budget iklan mereka.

Untuk mencul di halaman pertama Google menggunakan SEO butuh proses, proses ini bisa relatif cepat bisa juga relatif lama tergantung tingkat kesulitan kata kunci yang di target. Artinya mereka yang berhasil muncul di halaman pertama adalah mereka yang memiliki strategi dan pengalaman dibidang SEO.

2. Pastikan Bahwa Penyedia Layanan Jasa SEO Memiliki Kontak Yang Jelas.

Layanan Jasa SEO ini bisa saja dalam bentuk perusahaan badan hukum, dan bisa juga dalam bentuk perorangan. Namun yang terpenting adalah mereka memiliki kontak yang jelas baik itu no telepon, Whatsapp, email, dan alamat dimana lokasi mereka berada.

Hal ini penting karena jika anda sewaktu-waktu membutuhkan sesuatu mereka dapat dengan mudah dihubungi, selain itu penyedia layanan yang menampilkan profil diri atau perusahaan secara jelas lebih dapat dipercaya ketimbang mereka yang berusaha menutupi identitas diri atau perusahaannnya.

3. Pastikan Harga Yang ditawarkan Masuk Akal

Hati-hati dengan layanan jasa seo yang menawarkan harga murah, karena saat ini bisa dipastikan biaya untuk melakukan optimasi situs tidak bisa dibilang murah karena menyangkut waktu dan tenaga yang tidak sedikit.

Lalu berapa harga yang wajar?

Jika 10 tahun yang lalu harga optimasi SEO ini berkisar Rp 2.000.000 – Rp 5.000.000 per 3 kata kunci, namun saat ini sudah tidak mungkin hanya fokus melakukan optimasi pada kata kunci tertentu saja. Karena algoritma Google terbaru memaksa kita untuk melakukan optimasi secara menyeluruh.

Untuk saat sekarang umumnya biaya optimasi SEO adalah dikisaran Rp.7.000.000 sampai Rp 15.000.000 per bulan, bahkan mungkin lebih. Kenapa mahal karena suatu layanan SEO biasanya tidak bekerja sendiri namun mereka bekerja secara tim sehingga dibutuhkan biaya yang mencukupi untuk tim mereka tersebut. Jadi hindarilah mencari Jasa SEO dengan kata kunci SEO Murah.

4. Perhatikan Desain Tampilan Web Penyedia Layanan

Kata pepatah jangan menilai buku dari covernya, tapi dalam kehidupan nyata tidak dapat dihindari bahwa orang menilai dari tampilan luarnya. Begitu juga dalam bisnis, yang dinilai adalah bagaimana mereka dapat mempresentasikan layanan mereka dengan baik, dalam hal ini tentunya penyedia jasa SEO harus memiliki desain situs yang profesional.

Selain itu pastikan bahwa situs mereka mudah diakses, karena jika situs mereka sering down atau berat saat diakses tentunya perlu dipertanyakan lagi kredibilitas mereka. Sebagai praktisi SEO harusnya mereka paham betul bahwa kecepatan loading suatu website sangat mempengaruhi peringkat di search engine.

5. Hati-hati dengan Janji Garansi “Pasti Masuk Halaman 1”

Ada beberapa jasa SEO yang mengklaim bahwa dengan menggunakan layanan mereka pasti akan masuk di halaman pertama, bahkan peringkat 1 dan mereka juga tidak segan-segan memberikan garansi uang kembali.

Hal ini perlu diwaspadai karena bagaimanapun mereka bukanlah pemilik dari situs Google sehingga tidak ada jaminan bahwa dengan menggunakan layanan mereka pasti ranking 1. Disisi lain dalam untuk dapat masuk di halaman pertama dipengaruhi oleh berbagai macam faktor.

Yang paling krusial adalah faktor dari algoritma Google itu sendiri dimana Google selalu melakukan update secara berkala dan ketika suatu update terjadi belum tentu teknik SEO yang kemarin dapat mempertahankan peringkat yang telah diraih, sehingga diperlukan maintenance agar peringkat di turun lagi.

semoga tulisan ini dapat membantu anda dalam memilih penyedia layanan SEO yang kompeten dan profesional.

Related Post