Tips Mengelola Uang THR

Tunjungan hari raya merupakan tradisi dikalangan tenaga kerja yang ada Indonesia, bahkan tahun ini 2018 Presiden Joko Widodo telah menetapkan kenaikan tunjangan untuk para aparat sipil negara. Meskipun kebijakan tersebut diwarna beberapa protes dari para kepala daerah namun sebagian besar THR para ASN ini telah cair.

Hal ini bisa dilihat dengan meningkatkan daya konsumsi masyarakat dibandingkan saat sebelum THR cair. Bahkan bisa dibilang banyak yang kemudian kalap untuk membelanjakan  uang tunjangan hari raya mereka. Berikut ini adalah beberapa tips dalam mengelola uang THR anda.

1. Bersedekah

Seberapapun rejeki yang kita terima jangan lupa untuk bersedekah, terlebih jika kita seorang muslim sudah jelas bahwa didalam setiap rejeki yang kita terima ada hak dari kaum dhuafa.

2. Jangan Lupa Menabung

Sisihkan sebagian uang THR untuk ditabung karena bagaimanapun kita harus mempunyai yang namanya dana darurat, biasanya kalo menurut para pakar keuangan sisihkan 20% – 30% untuk disimpan. Namun itu bukan angka mutlak intinya semua disesuaikan dengan kondisi anda.

3. Belanja Keperluan Lebaran

Biasanya ketika seseorang menerima Uang THR yang pertama kali muncul dalam benaknya adalah beli ini dan itu. Memang untuk lebaran kita perlu membeli barang untuk saat lebaran, terutama bahan makanan karena biasanya kita akan menerima kunjungan dari tetangga dan keluarga.

Selain bahan makanan biasanya orang-orang juga senang berbelanja baju untuk lebaran. Namun dalam hal ini jangan sampai anda membelanjakan uang THR anda secara berlebihan sehingga tidak menyisakan sedikitpun, meskipun itu sah-sah saja bagi anda. Namun ada baiknya tidak dihabiskan semua.

4. Dana Untuk Mudik

Jika anda memutuskan untuk mudik, tentunya anda benar2 harus berhitung berapa persen yang digunakan untuk shopping, berapa persen untuk keperluan lainnya. namun idealnya adalah 10% untuk sedekah, 30% untuk ditabung, 30% untuk shopping, dan 30% sisanya untuk biaya perjalanan mudik.

Meski begitu tentunya semua harus disesuaikan dengan kondisi anda, jika memang ternyata pembagian tersebut tidak mencukupi, anda bisa menggeser salah satu pos untuk mencukupi pos belanja yang lebih penting.

Semoga tulisan ini dapat membantu, dan bagi anda yang mudik harap berhati-hati selama perjalanan. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H