Cara Mempromosikan Produk Melalui Social Media

social media marketing

Saat ini banyak cara untuk menghasilkan uang dari Internet, salah satunya adalah dengan berjualan secara online. Tidak seperti dulu banyak hal teknis yang harus kita kuasai jika ingin mulai berjualan online, kini dengan adanya berbagai macam situs marketplace siapapun dapat dengan mudah untuk mulai jualan online.

Bahkan jika tidak punya barang sekalipun bisa dengan munjual barang-barang yang ada di marketplace yang kemudian di posting kembali di lapak kita dengan harga yang sudah dinaikan,. Mungkin anda bertanya-tanya apakah ada yang mau beli? Jawabannya ada dan banyak.

Bagaimana Promosinya?

Memang setelah kita membuka lapak di situs marketplace tidak serta merta barang dagangan kita akan langsung laku. Perlu usaha untuk mempromosikan barang dagangan kita. cara yang paling banyak digunakan untuk promosi adalah melalui social media. Berikut ini adalah daftar social media yang bisa kamu gunakan untuk promosi produk jualan kamu.

Promosi Via Instagram

instagram marketing

Instagram ini adalah salah satu platform social media yang paling populer termasuk di Indonesia, bahkan konon katanya pembeli dari Instagram itu termasuk golongan orang-orang berduit.

Mereka tidak terlalu mempermasalahkan harga yang penting foto produk yang ditampilkan bagus, menarik dan kualitas barang yang mereka terima setelah membeli benar-benar bagus sesuai yang dipromosikan.

Kunci untuk bisa sukses promosi di Instagram adalah memiliki follower yang banyak, tapi bukan hasil dari beli ya tapi memang membangun secara organik. Ada banyak cara untuk membangun follower bisa dengan cara menyewa selebgram untuk mengendorse produk kita atau bisa memposting foto-foto yang menarik dengan hash tag yang sesuai target market kita.

Nah untuk posting foto ini jangan melulu foto produk tapi juga diselingi dengan foto-foto lainnya seperti quotes (kata-kata mutiara), atau posting foto lucu. Selain hast tag ada juga istilahnya caption instagram

Caption ini penting karena juga merupakan faktor yang dapat menarik perhatian pengguna instagram sehingga kemungkinan mereka untuk mengikuti akun kamu jadi semakin besar. Yang terpenting harus dilakukan dengan tekun dan sabar.

Promosi Via Facebook

Facebook juga merupakan platform social media yang banyak digunakan penduduk Indonesia. Berpromosi di Facebook ini ada 3 Cara dan ketiganya ini memiliki karakteristik yang berbeda beda.

1. Promosi di Timeline Akun Pribadi

Nah untuk promosi di timeline pribadi ini kita terpaksa harus memprioritaskan orang-orang yang sesuai kiteria target market kita sebagai teman, bahkan tidak jarang saya melihat mereka yang terpaksa mengunfriend teman mereka demi bisa berteman dengan calon pelanggan mereka.

Selain itu kita juga harus sering-sering berinteraksi dengan teman kita supaya nantinya setiap kita membuat status akan banyak yang melihat status promosi kita. selain itu juga ada fitur storie ini juga bisa dimanfaatkan untuk promosi, karena kemungkinan dilihatnya lebih besar dibanding di timeline namun batas waktu tayangnya hanya 24jam

2. Promosi di Facebook Group

Di Facebook sendiri menyediakan fitur untuk membuat group, nah kita bisa mencari Group tentang jual beli atau yang temanya sama dengan barang yang kita jual. Kita bisa bergabung di Group tersebut dan mempromosikan barang dagangan kita disana.

Namun setiap group ada aturan main sendiri tergantung dari si pemilik group tadi, yang penting kita ikuti aturan mainnya supaya tidak dikeluarkan dari group tersebut.

3. Promosi di Facebook Fanspage

Yang terakhir kita bisa membuat fanspage ini istilahnya halaman resmi dari usaha kita, Kurang lebih fungsi fanspage ini hampir sama dengan instagram untuk dapat mempromosikan produk kita dengan efektif kita harus membangun audience di fanspage dengan memperbanyak jumlah orang yang me-like fanspage kita.

Untuk meningkatkan jumlah like di lebih efisien jika kita menggunakan iklan berbayar dari facebook. Namun untuk beriklan sendiri ada teknik yang harus dipelajari dan membutuhkan mindset yang tepat. Karena untuk sekarang ini jika anda beriklan di Facebook anda harus siap mental untuk rugi dulu di awal.

Related Post