Cara Mengurangi Rasa Nyeri Sakit Kepala Tanpa Efek Samping

Sakit kepala umumnya tidak termasuk jenis penyakit yang perlu di khawatirkan, namun jika rasa nyeri terus belanjut maka dapat terindikasi ada penyakit lain yang menyebabkan rasa nyeri pada kepala. Sakit kepala bisa dibilang penyakit yang umum terjadi dan bisa dipastikan 99% orang dewasa pasti pernah mengalami yang namanya sakit kepala. Meski bukan penyakit yang serius sakit kepala dapat membawa dampak yang serius dalam kehidupanmu karena rasa nyeri yang ditimbulkan dapat menggangu aktifitasmu dan membuyarkan konsentrasi.

Rata-rata mereka yang mengalami sakit kepala lansung meminum obat sakit kepala yang memang sangat mudah didapatkan di toko-toko minimarket. Tidak ada yang salah, karena memang obat yang beredar dipasaran sudah sesuai standart nasional indonesia dan aman untuk dikonsumsi sejauh mengkonsumsi untuk dosis yang tepat.

Formulanya pun sudah banyak yang merasakan bahwa obat-obat tersebut dapat segera meredakan sakit kepala, tapi jika dikonsumsi dalam jangka panjang dapat mengakibatkan efek samping pada tubuh. Karena bagaimanapun obat-obat tersebut dibuat dari campuran bahan kimia yang jika terus menurus masuk kedalam tubuh maka dalam jangka panjang akan membawa dampak buruk bagi kesehatan. 

Bahkan di setiap bungkus obat ada aturan pemakaian yang menganjurkan bahwa obat tersebut tidak boleh dikonsumsi lebih dari sekian hari. Oleh karena itu ada baiknya sebelum memutuskan minum obat coba lakukan beberapa hal berikut untuk meredakan sakit kepala anda.

Lakukan Peregangan dan Pijatan pada Pelipis Mata

Biasanya sakit kepala menyerang saat kita sedang asyik bekerja terutama pekerjaan yang memforsir kemampuan otak kita sehingga dengan seketika buyarlah fokus kita. Jika hal tersebut terjadi anda dapat lakukan pijatan ringan pada pelipis dan lakukanlah pereganga, agar otot-otot menjadi relaks dan anda dapat kembali melanjutkan pekerjaan dengan tenang. 

Matikan Lampu dan Hindari Kebisingan

Mematikan lampu ruangan dan menghindari kebisingan dapat membantu meredakan sakit kepala. Hal ini juga merupakan salah satu cara mengobati sakit kepala sebelah karena umumnya sakit kepala terjadi karena peka terhadap cahaya dan suara. Di dalam ruangan yang gelap, rebahkan diri anda dan rilekskan otot-otot yang tegang.

Kompres Kepala Menggunakan Air Hangat atau Air Es

Mengkompres kepala adalah salah satu cara yang efektif untuk mengurangi rasa nyeri. Gunakan handuk kecil dan air panas untuk mengkompres area bahu dan leher. Hal Ini dapat menurunkan ketegangan pada otot bahu dan leher sehingga dapat meredakan rasa sakit kepalamu. Jika anda mengalami sakit kepala berdenyut, gunakan air dingin dan tempelkan di area dahi dan pelipis, anda juga dapat menambahkan es batu pada balutan kompres.

Konsumsi air rebusan jahe

Jahe memiliki banyak sekali manfaat selain memiliki zat yang bersifat antibiotik, jahe juga dapat membantu menghilangkan rasa nyeri di kepala. Caranya cukup  rebus jahe yang sudah di geprak hingga mendidih kemudian tiriskan airnya, kamu juga dapat menambahkan bahan alami lain sebagai penyedap seperti madu, lemon, atau bisa juga mengganti madu dengan gula merah sebagai pemanis.

Related Post