Eksotisme Air Terjun di Wilayah Jogjakarta

Menikmati wisata alam air terjun tentunya memberikan kesan dan pengalaman tersendiri, apalagi kalau air terjunnya unik dan cantik banget seperti beberapa objek wisata dijogja ini, Yogyakarta merupakan daerah yang kaya akan air terjun bak harta karun tersembunyi yang menunggu untuk ditemukan. 

Berikut daftar air terjun Yogyakarta yang paling memesona, masing-masing air terjun ini memiliki daya tarik tersendiri yang akan membuat siapapun terkesima melihatnya!

Air Terjun Sri Gethuk

Setibanya di air terjun, Anda akan disambut oleh suasana yang begitu hening dan damai. Satu-satunya suara yang ada hanyalah gemuruh air yang menghempas formasi bebatuan yang indah. 

Dikelilingi persawahan nan hijau, air terjun yang bersumber dari tiga mata air (Kedungpoh, Ngandong, dan Ngumbul) ini diyakini sebagai tempat penyimpanan kethuk, salah satu instrumen gamelan milik Jin Anggo Meduro. Konon pada saat-saat tertentu suara gamelan masih terdengar dari arah air terjun ini.

Dari areal parkir yang juga juga menjadi area memancing, ada dua cara menuju Air Terjun sri Gethuk – berjalan menyusuri jalan setapak dengan pemandangan sawah dan pohon kelapa, atau menggunakan rakit sederhana melawan arus Sungai Oya.

Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang terletak di daerah pedesaan yang ada di Gunung Butak. Air terjun ini memiliki 6 tingkat yang menurun menuju daerah pekarangan sawah sekitar. Namun sayang, Anda hanya dapat menikmati keindahan alam ini ketika musim hujan.

Untuk mencapai ke sana, Anda harus sedikit trekking. Namun jangan khawatir, pesona alam sekitar seperti pegunungan, sungai, perbukitan, dan pesawahan akan menemani perjalanan Anda.

Curug Pulosari

air terjun ini terletak di dasar tebing, mereka yang ingin mengagumi air biru berkilau ini perlu melakukan sedikit trekking, yang meliputi hiking melalui hutan dan menyeberangi sungai kecil.

Di Curug Pulosari, Anda akan takjub melihat pemandangan air yang jatuh di lereng bukit, membentuk tirai air alami yang dilengkapi dengan vegetasi hijau subur di sekitarnya. 

Nikmati keindahan alam ini dengan merendamkan kaki di air jernih, rasakan dinginnya sentuhan air alam atau menyelam ke dalam air.

Curug Luweng Sampang

Keunikan pola bebatuan Curung Luweng Sampang memiliki kemiripan dengan Antelope Canyon di Amerika Serikat, yang berbeda adalah warna bebatuannya. Puaskan diri anda dengan menjelajahi berbagai terowongan dan ceruk tersembunyi yang ada di balik curug ini.

Lokasinya yang begitu tersembunyi membuat Luweng Sampang belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Jadi luangkanlah waktu liburan Anda dengan berkunjung ke tempat eksotis yang sunyi ini mumpung belum terlalu ramai.

Air Terjun Gedad

Terletak di daerah terpencil Dusun Gedad, Gunung Kidul, Air Terjun Gedad merupakan air terjun baru yang masih belum terkenal di kancah tempat wisata.

Pemandangan air mengalir yang menghantam bebatuan menghasilkan percikan putih di sana-sini. menyelam ke dalam air dingin dan menyegarkan dapat membersihkan semua kepenatan.

Untuk berlibur ke tempat-tempat menakjubkan ini tentunya akan lebih nyaman jika sebelumnya anda telah mempersiapkan dengan lebih matang, seperti penginapan, transportasi, serta kuliner yang dapat anda kunjungi di sekitarnya, jika anda tidak sempat atau kebingungan mengatur rencana liburan anda, manfaatkan penawaran paket tour jogja yang khusus membawa anda mengunjungi eksotisme air terjun di jogjakarta