Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Printer Multifungsi

Seiring dengan kebutuhan zaman yang membutuhkan printer berteknologi tinggi, sehingga mulailah bermunculan printer-printer multifungsi atau yang disebut printer all in one, printer ini memiliki fungsi tidak hanya dapat mencetak dokumen namun juga memiliki fungsi lain, seperti scan, copy bahkan fax.

Sebagian besar sudah menggunakan wifi atau wireless sehingga praktis dan dapat digunakan berbarengan. Saat ini banyak model printer All in One juga memiliki kemampuan untuk menerima faks, dan juga untuk model yang “High End” Mereka memiliki kemampuan untuk menyusun hasil cetakan dan menyusun rapi dalam bentuk binding yang sederhana.

Jika anda memiliki kantor atau usaha kecil maka Saatnya beranjak untuk memakai printer multifungsi. Printer multifungsi ini cocok untuk kantor kecil atau di rumah. Memiliki satu mesin dengan fungsi banyak yaitu cetak, copy, scan, dan fax merupakan satu alternatif untuk menghemat keuangan anda dalam pengadaan mesin tersebut.

Namun printer multifungsi ini tentunya dibandrol dengan harga yang lumayan, tergantung dari seberapa banyak fitur dan kemampuannya. Sebagai bahan pertimbangan berikut anda dapat ketahui kelebihan dan kekurangan dari printer multifungsi.

Penghematan Biaya

Daripada anda harus membeli beberapa perangkat Mesin seperti untuk Scan,Copy,Fax, membeli Printer all-in-one atau multifungsi menjadi solusi tepat karena akan mengurangi biaya untuk pembelian peralatan.

Sambungan Wireless

Printer multifungsi sudah banyak yang menggunakan jaringan internet baik LAN maupun Wireless sehingga memudahkan Anda dalam Bekerja karena dapat dipakai oleh banyak user yang ada sehingga produktifitas kerja anda tidak terganggu.

Hemat Penggunaan Tempat

Karena anda dapat meringkas kebutuhan anda akan scan, copy, print menjadi 1 alat saja tentunya akan sangat menghemat penempatan di kantor anda.

Hemat Penggunaan Tempat

Mahalnya Harga Toner dan Catridge

Harga toner dan cartridge yang original harganya selangit namun jika anda membeli yang rekondisi ataupun yang refill resiko nya kualitas print tidak seperti menggunakan cartridge yang ori

Terjadinya Kerusakan

Jika salah satu fungsi rusak, seluruh mesin tidak bisa digunakan. Misalnya, jika fungsi pencetakan menjadi rusak, maka mesin mungkin tidak akan dapat menerima faks atau melakukan fungsi Copy. Tetapi tidak semua printer multifungsi tidak dapat digunakan ketika mengalami kerusakan pada salah satu fungsi.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari printer multifungsi, apabila anda ingin printer all in one dengan harga yang relatif lebih ekonomis. Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli printer multifungsi merk canon, harga printer canon terbaru relatif lebih ekonomis dibandingkan pesaing nya. 

Jangan lupa Sewaktu membeli printer multifungsi / fax / scanner / mesin fotokopi uji terlebih dahulu di toko anda membeli. Membaca spesifikasi dan melihat bagaimana fungsi pada printer multifungsi ketika menjalankannya. 

Uji fungsi masing-masing secara terpisah untuk memastikan bahwa printer multifungsi yang Anda pilih akan memenuhi semua kebutuhan bisnis kecil Anda.

Related Post