Langkah-Langkah Mewujudkan Rumah Impian

Setiap keluarga pasti memiliki impian mempunyai hunian yang sesuai untuk keluarga, namun seiring dengan kenaikan harga properti setiap tahunnya. 

Seringkali yang didapatkan adalah sekedar memiliki rumah, anda mungkin menginginkan rumah baru untuk keluarga anda, namun yang perlu anda ketahui tidak perlu rumah baru gress untuk mendapatkan “rumah baru”.

Alternatifnya adalah anda bisa membeli rumah second, umumnya dengan harga yang sama anda akan mendapatkan luasan yang lebih besar atau lokasi yang lebih baik untuk rumah anda. Nah ada step-step yang dapat anda coba untuk mewujudkan rumah impian anda.

Bagaimana Mendapatkan Rumah Bekas Yang Berkualitas

    1. Hunting rumah second yang dijual dibawah harga pasar.

      Hal ini susah-susah gampang, yang pasti butuh waktu dan kesabaran, anda tidak bisa buru-buru untuk mendapatkan rumah second dengan harga murah ini, kalau anda sudah menemukan rumah yang anda minati, tahan 2 atau 3 bulan sebelum menawar harga, umumnya penjual rumah akan menurunkan harganya. Atau yang biasa disebut desperate seller.

      Anda bisa pantau lewat iklan koran atau lihat plang yang biasa dipasang didepan rumah untuk rumah dijual. Atau sekarang ini juga banyak yang menawarkan rumah dengan harga yang lebih murah lewat online, anda tinggal mengetikkan di search engine seperti google dkk, dengan kata kunci sesuai lokasi yang anda inginkan, misal rumah dijual di palembang.

      Kunci nya adalah kesabaran, kemudian perhatikan apakah rumah perlu direnovasi, kalau perlu direnovasi kira-kira sberapa banyak. Carilah rumah yang tidak perlu direnovasi banyak, kalau anda hanya perlu menambahkan luasan, memperbaiki beberapa hal seperti atap bocor, lantai retak, itu tidak apa-apa. Jangan memilih rumah yang perlu diambrukkan total sebelum direnovasi. Kecuali anda mendapat harga rumah tersebut senilai tanahnya saja.
    2. Renovasi Rumah Second jadi rumah baru.

      Untuk menjadikan rumah second anda menjadi rumah baru anda bisa merenovasi rumah anda, disesuaikan dengan rumah impian yang anda inginkan. Namun yang perlu diperhatikan didepan adalah anda sudah mempunyai gambaran yang jelas mengenai apa yang mau anda rubah, bagaimana perubahannya, berapa budget yang anda anggarkan, dan apakah budget anda mencukupi untuk renovasi yang anda inginkan.

      Apabila budget anda terbatas, maka anda dapat melakukan renovasi parsial, atau sebagian demi sebagian. Namun perlu diingat bahwa meskipun renovasi anda bertahap, anda tetap memerlukan untuk mempunyai gambaran besarnya di awal. Hal ini untuk menghindari pekerjaan yang dilakukan dua kali.

Ada beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk menghemat biaya renovasi anda. Antara lain :

Beli bahan bangunan sendiri,dengan membeli bahan bangunan sendiri anda akan dapat menghemat biaya, plus juga bisa survey sendiri toko bangunan yang murah disekitar anda

Gunakan jasa pemborong, apabila anda hanya merenovasi sebagian, seperti mengganti cat, atau keramik, atau kamar mandi maka anda dapat menggunakan jasa pemborong. Namun apabila anda berniat merubah ruangan ataupun menambah lantai, seperti dari rumah 1 lantai menjadi rumah 2 lantai maka anda membutuhkan jasa seorang arsitek. Ini akan memudahkan anda juga ketika mengurus IMB, karena sudah mendapatkan denah rumah yang baru dari arsitek anda.

Related Post