Melirik Potensi Besar dari Berjualan Madu

Kita semua pasti tahu bahwa madu adalah makanan terbaik di dunia. Memiliki berjuta manfaat bagi kesehatan. Itulah yang menjadi motivasinya dalam menjalankan bisnis ini. Produk madu adalah produk legend yang sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Selain itu, trend pencarian madu di mesin pencari google juga tinggi. Artinya produk madu masih memiliki peluang yang bagus.

Namun mungkin anda ragu-ragu untuk membeli madu dari suplier, karena takut madu tersebut bukan madu asli, atau kualitasnya tidak seperti yang anda harapkan. Mungkin anda kepikiran untuk memulai sendiri peternakan madu sehingga bisa mendapatkan madu asli berkualitas.

Berbisnis peternakan madu sangat menguntungkan, karena anda tidak hanya bisa mendapatkan keuntungan dari menjual madu, namun banyak produk pendamping yang bisa dihasilkan sekalian, seperti propolis, royal jelly, ampas sarang lebah, beepolen, cuka madu, dan masih banyak lagi yang produk bermanfaat yang bisa anda jual.

Pemeliharaan lebah madu dapat dibilang cukup mudah, mungkin awal anda merasa takut tersengat, namun jika anda mengetahui cara nya maka hal tersebut dapat terhindarkan, bahkan ternyata sengatan lebah juga bisa memiliki manfaat pengobatan. 

Modal yang dibutuhkan untuk operasional peternakan lebah bisa dibilang relatif cukup sedikit karena lebah-lebah tersebut dapat mencari makan sendiri secara alami lewat tanaman sekitar.

Dengan harga pasar madu asli yang berkisar 150.000-200.000 / liter, dan harga bee polen sekitar 200.000/ 100 gram tentunya anda akan mendapatkan margin yang cukup besar dari peternakan madu anda.

Panen madu dapat dilakukan 1-2 minggu setelah musim bunga, tanda-tanda anda siap panen madu adalah ketika muncul lapisan tipis yang menutupi sisiran, cara memanennya adalah dengan mengambil sisiran dari sarang lebah kemudian mengekstrasi nya dengan alat sehingga bisa didapatkan hasil yang sempurna. Untuk royal jelly akan berwarna putih pada bagian sarang yang masih muda.

Berikut beberapa produk hasil madu yang dapat anda panen dan bernilai ekonomis cukup tinggi

Madu

Siapa yang tidak kenal madu, produk utama dari peternakan anda ini memiliki khasiat kesehatan yang sudah banyak dikenal, oleh karena itu pangsa permintaan madu tiap tahun tidak pernah surut, bahkan cenderung bertambah. Hal ini karena madu diketahui sebagai salah satu herbal yang memiliki banyak manfaat, selain untuk pengobatan madu juga banyak digunakan sebagai campuran makanan, bahkan sampai perawatan kecantikan.

Royal jelly

Royal jelly banyak digunakan dalam campuran kosmetik dan campuran obat dalam farmasi. Mengapa disebut royal jelly? Karena produk ini untuk makanan ratu lebah, dan diketahui ratu lebah memiliki usia yang lebih panjang dari lebah pekerja, diketahui bahwa royal jelly mengandung collagen alami yang sangat bagus untuk kecantikan. Tidak hanya itu royal jelly juga bagus untuk kesehatan karena mampu menangkal radikal bebas dan meremajakan sel-sel yang terdapat di dalam tubuh kita. Rahasia awet muda terdapat dalam royal jelly. Tidak heran jika nilai ekonomisnya jauh diatas madu.

Madu Propolis

Ini salah satu hasil produksi yang sekarang ini sedang naik daun dan banyak dicari karena diketahui khasiatnya untuk kesehatan.