Memanfaatkan Ruangan Dibawah Tangga

Ruang dibawah tangga seringkali terabaikan, padahal jika dimanfaatkan dapat menjadi ruangan yang sangat berguna. Berikut beberapa inspirasi penggunaan ruang dibawah tangga.

1. Ruang kerja di bawah tangga? Kenapa tidak?

Ruangan bawah tangga juga dapat difungsikan sebagai ruang kerja mini, anda dapat menambahkan meja untuk komputer, dan rak untuk menyimpan peralatan kantor. 

Terlebih lagi jika kamu tidak punya banyak ruang dalam rumah untuk bekerja secara produktif, bisa jadi ruang bawah tangga pun dimanfaatkan. kemiringan tangga tersebut dapat dimanfaatkan untuk rak buku sehingga setiap ruasnya dapat terpakai. 

Pilihlah meja dengan ukuran yang pas dengan lebar tangga sehingga tidak akan menutupi jalan koridor di sebelah tangganya. Atau kamu bisa membuat desk khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan dan besarnya ruangan bawah tangga. 

Perhatikan seluruh elemen di dalamnya agar terpasang pas di dalam ruang kosongnya. Gunakan warna yang pas dengan warna tangga dan keseluruhan ruang agar terlihat menyatu.Jika anda membutuhkan privasi ketika bekerja menambahkan pintu geser bisa menjadi pilihan. Tentunya hal tersebut juga perlu mempertimbangkan luasan area bawah tangga rumah anda.

2. Ruang Penyimpanan

Area bawah tangga dapat difungsikan sebagai ruang penyimpanan tertutup sehingga tamu tidak akan melihat barang-barang pribadi penghuninya yang disimpan didalamnya. 

Drawer ini bisa digunakan untuk menyimpan jaket, sepatu, tas, yang biasanya sering kita pakai sehari-hari. Dapat juga digunakan untuk menyimpan alat-alat kebersihan, dan stock-stock produk pembersih rumah.  

Area penyimpanan dengan rak geser ini memungkinkan berbagai barang disimpan dengan rapi. Saat mengambil atau meletakkan pun tidak berantakan karena mudah dijangkau. Penyimpanan seperti ini pastinya akan lebih praktis untuk rumah anda.

3. Powder Room / Toilet Untuk Tamu

Jika anda dalam tahap awal membangun rumah anda menjadi dua tingkat, hal ini dapat anda buat untuk memanfaatkan ruang bawah tangga, yaitu sebagai toilet untuk tamu. 

Toilet nya tidak perlu dibuat besar, karena hanya akan ada wc saja. Keuntungannya adalah toilet mudah dicari oleh tamu namun juga tidak mengganggu privasi ruang lainnya dalam rumah. 

Hal ini harus sudah terpikirkan saat akan membangun rumah sehingga segala saluran air dan pembuangan juga terdesain.

4. Ruang baca / Perpustakaan Mini.

Jika anda gemar membaca, pastinya akan menyukai pemanfaatan ruang kosong satu ini. Area bawah tangga yang didesain menjadi perpustaakann mini, dengan rak-rak buku dan tempat duduk sofa yang nyaman, menjadikan ruangan tersebut seperti private room untuk anda menghabiskan waktu membaca buku. 

Tentunya perlu didesain juga untuk mendapatkan pencahayaan yang pas. Sehingga membaca buku lebih nyaman, dan anda dapat membaca buku kapanpun anda mau.

Masih banyak ide untuk memanfaatkan ruangan kosong dirumah anda, jika anda ingin mencari inspirasi lebih banyak untuk memaksimalkan ruangan di rumah anda, kunjungi polarumah.com

Related Post