Tips Cara Menambah Berat Badan

cara manambah berat badan

Umumnya kita sering mengetahui orang yang memiliki kelebihan berat badan dan bingung bagaimana cara menurunkan berat badan, bahkan tidak jarang mereka yang ingin langsing rela merogoh kocek yang cukup besar untuk mengikuti berbagai program diet atau membeli suplemen diet yang harganya juga tidak murah.

Namun disisi lain ternyata ada banyak juga yang ingin menambah berat badan, bahkan perjuangan mereka juga tidak kalah berat demi menemukan cara menambah berat badan yang ampuh.

Namun dari semua itu sebenarnya ada kesamaan yaitu mereka ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal, karena berat badan yang terlalu kurus membuat tampilan seseorang menjadi kurang menarik.

Untuk yang wanita biasanya ingin tubuhnya langsing, padat berisi dan proposional sedangkan bagi kaum pria juga demikian menginkan bentuk tubuh yang padat berisi dan atletis. 

Berat badan bertambah bukan berarti bentuk tubuh harus menjadi gemuk tapi bisa juga berat badan bertambah dan bentuk tubuh tetap ideal, mau tau caranya?

Konsumsi Makanan Bernutrisi Seimbang

Yang perlu diperhatikan dalam menambah berat badan adalah konsumsi makanan dengan nutrisi yang seimbang. Seperti Karbohidrat, lemak, protein, dan mineral lainnya, nutrisi tersebut dapat diperoleh dari Nasi, ikan, daging ayam, daging sapi, sayur-sayuran, dan buah-buahan.

Untuk Karbohidrat disarankan menggunakan nasi merah, karena jenis karbohidratnya mudah dipecah dan tinggi akan serat.

Untuk lemak ini bisa didapat dengan mengkonsumsi daging baik itu daging ayam maupun daging sapi, namun tidak perlu takut kegemukan karena sebenarnya yang membuat kegemukan adalah konsumsi karbohidrat dan konsumsi gula yang berlebihan.

Menambah Frekuensi Makan Lebih Sering

Kuncinya agar dapat makan lebih sering adalah makan dengan porsi kecil. Pola makan porsi kecil ini telah banyak diterapkan oleh orang-orang yang dalam program pembentukan tubuh seperti fitness.

Karena jika kita sekali makan dalam porsi besar sesungguhnya hanya sebagian saja kalori yang dapat digunakan oleh tubuh lalu kelebihan kalori tersebut akan disimpan dalam bentuk lemak sehingga menyebabkan kegemukan.

Sedangkan jika makan dalam porsi kecil maka tubuh dapat menyerap 90% nutrisi makanan dan dapat menggunakan seluruh kalori yang masuk, ketika tubuh memerlukan asupan lagi maka kita otomatis akan merasa lapar saat itulah anda mulai makan lagi dalam porsi kecil begitu seterusnya. 

Untuk makan lebih sering pun menunya tidak harus selalu makan nasi lengkap dengan lauk dan sayur, tapi juga bisa diganti dengan cemilan yang sehat seperti buah-buahan.

Olah Raga Teratur

cara menambah berat badan

Jangan mentang-mentang mau menambah berat badan lalu tidak olah raga, itu salah besar. Karena bagaimana pun olah raga ini penting terutama untuk menstabilkan metabolisme tubuh.

Tanpa olah raga dengan bertambahnya usia maka metabolisme tubuh juga ikut melambat dan akan menyebabkan kegemukan, tentunya anda tidak ingin hal itu terjadi bukan.

Lalu Olah raga apa yang cocok?

Anda bisa melakukan jogging setiap pagi dan luangkan waktu untuk olah raga angkat beban, karena untuk menambah berat badan sekaligus mendapatkan bentuk tubuh yang bagus adalah dengan menambah massa otot, bukan dengan menambah timbunan lemak di tubuh anda.

Cara terbaik untuk menambah massa otot adalah dengan melakukan angkat beban, anda bisa meluangkan waktu 2 – 3 hari sekali latihan di tempat fitness

Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup juga merupakan kunci penting dalam menambah berat badan, Karena jika anda memiliki kebiasaan begadang maka segeralah untuk merubah kebiasan tersebut dengan tidur lebih cepat.

Begadang dapat menguras energi sehingga tubuh akan menggunakan semua cadangan energi untuk tetap dapat beraktifitas termasuk mengambil energi dari otot sehingga massa otot anda juga akan mengecil, akibatnya anda akan menjadi kurus.

Selain itu begadang juga memberikan efek buruk lainnya pada tubuh, kerena disaat tubuh harusnya beristirahat dan memulai proses detoksifikasi dengan begadang hal tersebut tidak terjadi.

Oleh karena itu segeralah berhenti begadang.

Related Post