Tips Memilih Lipstick Bagi Anda Yang Memiliki Alergi

Setiap wanita pasti makin percaya diri memiliki bibir yang cantik, merona dan cerah. Sehingga hampir semua dari wanita menggunakan pemulas bibir atau lipstik untuk menjadikan bibirnya terlihat lebih indah. Merupakan salah satu make up wajib yang dimiliki wanita. 

Namun ada yang perlu anda ketahui supaya tidak sembarangan memilih lipstik, hanya berdasarkan warna atau bahkan harga. Terutama untuk kamu yang memiliki kulit sensitif dan memiliki riwayat alergi. 

Tipe-tipe lipstik juga ada banyak, ada yang moisturizing, ada yang memberikan tampilan silky, dan yang lagi sedang digandrungi sekarang adalah tipe lipstik matte.

Lipstik yang baik dan cocok untuk kamu adalah lipstik yang tidak membuat bibir kamu kering, pecah-pecah, atau menyebabkan alergi. 

Benarkah lipstik bisa membuat alergi? Jika kamu menggunakan sebuah produk lipstik dan kemudian merasakan gejala berikut ini, maka lipstik tersebut mengandung bahan yang membuat alergi :

Berikut beberapa gejala yang muncul pada alergi lipstik:

  • Bibir akan merasakan panas dan gatal.
  • Terjadi pembengkakan pada Bibir bagian atas dan bawah
  • Pembengkakan bisa saja tidak terjadi pada area bibir saja, namun mata dan hidung bisa bengkak bahkan berair
  • Terasa kebas atau mati rasa pada bibir, Bibir menjadi pecah-pecah dan terkelupas
  • Pada beberapa kasus alergi lipstik menyebabkan nyeri perut, mual, bahkan diare. Bahkan Kasus terparah, terjadi pembengkakan pada tenggorokan sehingga sulit bernafas.

Apabila kamu merasakan hal-hal diatas setelah menggunakan lipstik baru mu, sebaiknya segera hentikan pemakaiannya,  biarkan bibirmu istirahat dulu dan stop pemakaian lipstik sementara waktu. Datanglah ke dokter spesialis  untuk mencari tahu kandungan apa yang membuatmu alergi pada lipstik, jadi kamu bisa membeli lipstik yang tidak mengandung bahan tersebut. 

Terjadinya alergi bisa disebabkan dari zat pewarna, pewangi, atau perasa pada lipstik tidak bisa diterima oleh sistem imun tubuh. Beberapa bahan kandungan lipstik yang perlu kamu waspadai karena ditengarai menyebabkan alergi. Diantaranya parfum, phenoxyethanol, talc, parabens, formaldehid, dan methylchloroisothiazolinone.

Masa sih ada parfum pada lipstik? lipstik yang memiliki wangi-wangi enak seperti buah atau vanilla mengandung parfum. Parfum pada dasarnya aman, dan bukan bahan pemicu alergi, namun bisa mengakibatkan terjadinya iritasi pada bibir.

Paraben merupakan salah satu bahan yang sering dijumpai pada produk perawatan dan kosmetik.  paraben ada beberapa tipe mulai dari methylparaben, isobutylparaben, ethylparaben, isopropylparaben, propylparaben, dan lain-lain. Bahan ini wajib kamu waspada terutama kalau kamu memiliki kulit sensitif, umumnya reaksi alergi yang muncul akibat bahan ini adalah dermatitis, peradangan kulit sampai muncul ruam pada area sekitar bibir. 

Tentunya akan terasa sangat tidak nyaman ketika bibir kita mengalami alergi akibat lipstik. Berikut tips yang dapat kamu lakukan supaya reaksi alerginya segera mereda. 

  1. Gunakan es batu untuk mengompres bibir selama beberapa menit supaya bengkaknya mereda. Lakukan secara berkala sampai bengkaknya berkurang.
  2. Mengatasi rasa gatal akibat alergi dapat menggunakan kantong teh yang sudah ditaruh di dalam kulkas
  3. Oleskan gel lidah buaya pada area yang terkena alergi, kandungan pada lidah buaya sangat baik untuk kulit sensitif
  4. Kunjungi dokter, kamu akan diberi obat antihistamin untuk meredakan alergi pada bibir

Bijaklah dalam memilih produk lipstik, karena pastinya kamu tidak mau bibir terlihat cantik tapi mendapat efek samping yang tidak diinginkan. Baca kandungan produk lipstik yang kamu minati, dan pastikan kamu dapat produk yang original. Untuk tau review produk serta harga terkini lipstik yang terdapat di marketplace kamu bisa kunjungi jamannow.web.id